Kenapa Kopo Macet?

Untuk temen-temen yang tinggal di kopo atau sering lewat jalan kopo, pasti akrab banget sama istilah MACET. Daerah ini jarang sepi. Kalau dari rumah saya - di daerah lanud sulaiman - sampai ke terminal leuwi panjang makan waktu satu jam, dari leuwi panjang sampai ledeng juga makan waktu satu jam. Padahal jarak leuwi panjang-ledeng jauh lebih panjang daripada lanud sulaiman-leuwi panjang. Sedih ga sih?

Kalo lagi kejebak macet, sambil nungguin kendaraan di depan maju paling ngga 3 cm, kegiatan yang saya lakukan paling ngeliatin pengendara motor lain yang alisnya kerung-kerung, supir angkot lagi garuk-garuk bulu dada, kenek-kenek angkot belum mandi, ibu-ibu tak berdaya, anak-anak nunduk generation yang ternyata lagi sibuk online dan kadang saya ngelamun kesana-kemari.

Yah, dari hasil lamunan itu saya dapet inspirasi bikin tulisan macem begini. Kenapa Kopo macet versi Pipin. Hapeuk.



1. Kondisi Jalan



Pernah lewat jalan Kopo? Pada tahu jadek, kan? Lihat ruas kiri jalan dari arah Soreang. udah kayak permukaan bulan. Bolong-bolong codetnya bikin terharu. Dan sayangnya cuma ada papan peringatan "hati-hati jalan rusak parah" Dibenerin ngga? Tidak. Ngga pernah ada yg ngebenerin jalan dengdek itu. Hiks :'( #prayforjadek Otomatis kendaraan yang lewat situ jalannya kayak tutut kalo ngga mau as rodanya kenapa-kenapa.

Selain jalanan bercodet, lebar jalan kopo juga relatif sempit. Apalagi di jalan kopo cirangrang, padahal jalan kopo cirangrang itu dekat pintu tol kopo. Ah, sudahlah. Gencatan senjata aja.

Nah, jalan kopo juga agak rendah. Jadi kalo hujan deres dan lama, kemungkinan besar banjir. Apalagi daerah jadek, banjirnya bisa setinggi plat motor. Alhamdulillah saya cuma sekali ngalamin motor mogok gara-gara knalpot kemasukkan air banjir.

2. Banyak Pabrik
Di sepanjang jalan Kopo kira-kira ada empat pabrik, mungkin lebih. Bayangkan, tiap pabrik meluncurkan seberondong pegawai saat ganti shift. Di sekitar pabrik banyak motor-motor entah ojek atau orang yang ngejemput pegawai-pegawai tersebut. Ada juga angkot-angkot yang ngetem dan jangan lupa..pedagang kaki lima :)

3. Angkot
Jumlahnya mungkin standar, tapi kelakuan supir berbulu dadanya itu bikin ngos-ngosan. Perhatiin di tikungan by pass soekarno-hatta, supir angkot pada ngetem 'nyaris' ke tengah jalan dan lagi-lagi pedagang kaki lima eksis mangkal di pinggir jalan raya. Oh iya, ada juga angkot yang rutenya nyebrang jalan ke arah SMAN 17 Bandung, jadi kalo angkot-angkot ini mau nyebrang, kendaraan di lajur seberang harus ngantri dulu dengan manis..

4. Pintu Tol Kopo



Ini macetnya cuma saat-saat tertentu, biasanya pas weekend mulai jam 9 pagi sampe siang, trus mulai macet lagi jam 3 atau 4 sore sampe di atas jam 9 malam. *Meni hapaal | Iyalah, ponakannya Ali Topan gitu loh :p*
Di jam-jam itu, biasanya macet dari arah keluar tol. Sedangkan sore sampe malem, macetnya di ruas jalan ke arah Bandung kota. Maklum orang kopo kan gaul, jadi wajib malem mingguan di kota.

5. Pasar Sayati
Gak mungkin ada asap kalo ga ada api. Ga mungkin ada pasar yang ga bikin macet *NYAMBUNG* Banyak orang jalan di pinggir jalan raya karena trotoarnya dimakan pedagang kaki lima. Ini bikin kendaraan ga bisa jalan ala Tamiya, harus alon-alon biar ga nabrak orang.

***

Nah, silahkan dihakan lima penyebab di atas. Semoga cuma lima, semoga penyebab-penyebab lain ga bermunculan. Kita doakan juga semoga wacana pembangunan Tol Soreang-Pasir Koja bukan cuma wacana. Aamiin.

Oh iya, ada alternatif nih buat temen-temen yang kejebak macet kopo. Kalau kalian berangkat dari arah Kabupaten, misal dari Jalak Harupat, lewat Pameuntasan, TKI, Cigondewah, ntar keluar di Jalan Soekarno Hatta. Bisa juga lewat Junti, Rancamanyar, Cangkuang, Cibaduyut, Inhoftank, ntar keluar di Jalan Peta. Walaupun rutenya muter-muter dan ga sesimpel Jalan Kopo, jalan-jalan itu bisa jadi alternatif. Selamat menikmati :D

Tautan gambar:
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRp8WfeGjms4YYUgzFA8wmuUiE-H9BTEirgaiGSNlF1pICO6XjB
http://c0014480.r32.cf1.rackcdn.com/x2_e7d12dd
http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/45638811.jpg

Comments

  1. mau tanya ni sist, kalau dari jakarta ke bandung (lanud sulaiman) lebih dekat turun dimana ya kalau naik bus antar kota? apa harus turun naik lagi? makasih..

    ReplyDelete
  2. ada cara aman, ada cara berisiko. yang aman turun di perempatan soekarno hatta-kopo trus naik angkot soreang, ngelewatin macet sih, tapi lebih cepet daripada turun di terminal lewi panjang.

    cara berisikonya naik bus tasikmalaya, trus turun di pinggir jalan tol yang deket Miko Mall, dari situ turun jembatan trus naik angkot soreang. lebih cepet, tapi takutnya ada polisi trus bisnya bablas sampe ke tasik :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts