Lost Stars, Bintang yang Hilang



Pertama kali denger lagu ini, saya lagi rolling di subdit otoritas pusat dan hukum humaniter. Dari pertama denger langsung suka banget, so ear-catching, tapi liriknya ga kedengeran jelas dan gengsi banget mau nanya ini lagu judulnya apa. Kedua kalinya denger di mobil tebengan pas otewe ke Bandung dari Jakarta, gengsi juga mau nanya judulnya.huhu kan jadi susah mau donlot di Google. Kenapa aku jadi gengsian ginii. Kebanyakan gengsi, sesat di Google.

At the first time hearing this song, I was being assigned in the Sub-directorate of Central Authority and International Law. I liked this song at the time listened to this, so ear-catching. But I couldn't hear the lyrics clearly and I was too shy to ask the title to someone there. Second time listening to this song was in the car heading to Bandung from Jakarta, being shy too to ask the title,huhu then it was difficult to download it from Google. Why was I so shy? Being too shy made you lost in Google.

Akhirnya saat ketiga kali denger lagu ini, baru deh nyadar suara penyanyinya mirip suara Bang Adam. Bang Adam sexy, Bang Adam ganteng.uhuhu lama ga telponan jadi pangling sama suaranya. Semenjak putus emang abang jadi sombong. Abis donlot di Google, dengerin liriknya bener-bener, kemudian bingung. Ini lagu maksudnya apa sih ngomongin youth, ngomongin one night stand (aaw), nyebut-nyebut Tuhan juga. Oemjih.

Finally third time listening to this, I just realized that the singer might be Adam. The sexy Adam, the handsome Adam,huhuhu. So long time no talk with you, I almost forgot your voice. Since we were broken up, he was really annoying. having downloaded it from Google, listened to the lyrics carefully, then I was confused. What this song meant?talking about youth, one-night-stand (woohoo), calling God. Oh my God...


Setelah aku coba terjemahkan secara literal dan menarik makna dari lagu tersebut, ternyata maknanya. Hmmm ntar deh aku jabarin setelah lihat terjemahan tiap baris lirik lagu Lost Stars performed by Adam Levine.

After translated it literally and searching for the meaning of this song, so I knew that the meaning is.. Hmmm I will explain it later after you read my translation of each line of Lost Stars lyrics performed by Adam Levine.

Lost Stars

Please don't see
Just a boy caught up in dreams and fantasies
Please see me
Reaching out for someone I can't see

Take my hand, let's see where we wake up tomorrow
Best laid plans sometimes are just a one night stand
I'll be damned, Cupid's demanding back his arrow
So let's get drunk on our tears

And God, tell us the reason youth is wasted on the young
It's hunting season and the lambs are on the run
Searching for meaning
But are we all lost stars trying to light up the dark?

Who are we?
Just a speck of dust within the galaxy?
Who is me
If we're not careful turns into reality

But don't you dare let our best memories bring you sorrow
Yesterday I saw a lion kiss a deer
Turn the page, maybe we'll find a brand new ending
Where we're dancing in our tears

And God, tell us the reason youth is wasted on the young
It's hunting season and the lambs are on the run
Searching for meaning
But are we all lost stars trying to light up the dark?

And I thought I saw you out there crying
And I thought I heard you call my name
And I thought I heard you out there crying
Just the same

And God, tell us the reason youth is wasted on the young
It's hunting season and the lambs are on the run
Searching for meaning
But are we all lost stars trying to light ... light up the dark?

And I thought I saw you out there crying
And I thought I heard you call my name
And I thought I heard you out there crying
But are we all lost stars trying to light up the dark?
Are we all lost stars trying to light up the dark?

Bintang yang Hilang

Tolong jangan lihat
(aku) hanya bocah yang terjebak mimpi dan fantasi
Tolong lihat aku
Meraih sosok yang tak bisa kulihat

Raih tanganku, lihat dimana kita terbangun esok hari
Rencana terbaik kadang hanyalah percintaan semalam
Aku kan terkutuk, Peri cinta meminta kembali panahnya
Maka mari termabuk dalam air mata

Dan Tuhan, jelaskan mengapa masa muda disiakan oleh para pemuda
Inilah musim pemburuan dan domba tengah berlari
Mencari arti
Namun kami kah bintang yang hilang, yang mencoba menerangi kegelapan?

Siapa kami?
Hanya sebutir debu dalam galaksi
Siapakah aku?
Jika kami tak jeli dalam merubah kenyataan

Namun jangan biarkan kenangan terindah ini menyedihkanmu
Kemarin aku lihat singa yang mencium rusa
Membuka lembaran baru, mungkin kita kan temukan akhir kisah baru
Saat kita menari di atas air mata

Dan Tuhan, jelaskan mengapa masa muda disiakan oleh para pemuda
Inilah musim pemburuan dan domba tengah berlari
Mencari arti
Namun kami kah bintang yang hilang, yang mencoba menerangi kegelapan?

Dan sepertinya aku melihatmu menangis
Dan sepertinya aku mendengarmu memanggil namaku
Dan sepertinya aku melihatmu menangis
Sama saja

Dan Tuhan, jelaskan mengapa masa muda disiakan oleh para pemuda
Inilah musim pemburuan dan domba tengah berlari
Mencari arti
Namun kami kah bintang yang hilang, yang mencoba menerangi..menerangi kegelapan?

Dan sepertinya aku melihatmu menangis
Dan sepertinya aku mendengarmu memanggil namaku
Dan sepertinya aku melihatmu menangis
Namun kami kah bintang yang hilang, yang mencoba menerangi kegelapan?
Kami kah bintang yang hilang, yang mencoba menerangi kegelapan?

Karena penyanyinya cowo, saya menempatkan tokoh Aku sebagai seorang pria dan orang yang diajaknya bicara adalah seorang wanita. Maka dapat digambarkan bahwa tokoh Aku dalam lagu ini adalah seorang pencinta yang menaruh hati pada seorang wanita dan tertarik secara seksual dengan wanita tersebut. Tokoh Aku adalah pria muda yang menyadari bahwa masa mudanya adalah masa pemburuan, baik itu pemburuan cinta, wanita maupun jati diri. Terlebih, tokoh Aku belum siap untuk menetapkan pilihan berjangka sangat panjang dengan wanita mana pun. Hal tersebut tergambar dari lirik peri cinta mencabut kembali panahnya, yang juga berarti tokoh Aku telah hilang rasa sukanya pada wanita tersebut.

Since the singer is male, I imagined that the I is a male and people he is talking with is a female. Thus it can be depicted that the I in this song is a lover who falls in love with a woman and he is sexually attracted to the woman. The I is a boy who knows that his youth is a hunting age, either for love, woman or characters. Moreover, the I is not ready yet to determine his long term choice with whoever woman he want to be. That is depicted in the lyric Cupid's demanding back his arrow, which also means the I has lost his feeling towards the woman.

Walaupun penggambaran tokoh aku dalam lagu adalah sebagai sosok yang tidak baik, dia sedikitnya merasa bersalah atas perbuatan di masa mudanya dengan kepasrahan untuk dibenci, disalahkan dan dikutuk, tergambar dalam lirik aku kan terkutuk. Penyesalan itu tergambar juga ketika dia bertanya pada Tuhan, mengapa masa muda yang identik dengan masa penuh semangat harus dihabiskan dan disia-siakan untuk berkelana di dunia percintaan dengan cara yang salah oleh para pemuda itu sendiri. Kemudian tokoh Aku pun menyandingkan dirinya dan mantan kekasih yang dia tinggalkan sebagai bintang (pemuda) yang hilang atau tersesat. Tragis sih... Mereka berdua pun sempat melalui masa-masa berat perpisahan yang tergambar dari lirik Sama saja setelah lirik Dan sepertinya aku melihatmu menangis, Dan sepertinya aku mendengarmu memanggil namaku, Dan sepertinya aku melihatmu menangis. Namun dengan alasan yang tidak diketahui, mereka harus berpisah dan melanjutkan masa muda mereka masing-masing. Dengan makna yang perih, lagu ini memiliki lirik yang puitis dengan penggunaan simbol-simbol yang cantik

Although the depiction of the I in this song is not as a good man, he at least feels guilty for his youth act by being so helpless to be hated, to be blamed and damned, described by the lyric I'll be damned. The guilt was also signified when he is asking to God, why his youth which is also the full-spirit age has to be wasted by searching for love with the wrong manner by the young themselves. Then the I assigned himself and his ex-lover left behind to a star (young) which is lost. How tragic... They both has ever through sad times in their separation, which is signified in the lyric Just the same after And I thought I saw you out there crying And I thought I heard you call my name And I thought I heard you out there crying. But by the unknown reason, they have to be separated and going on their own lives. By the tragic meaning, this song has poetic lyrics and beautiful symbol usage.

Comments

Post a Comment

Popular Posts