Asam Manis Ngajar Anak Kecil

Ehem.. Harus mulai bahas dari mana nih? Canggung nih udah lama ga nulis. hehe :p *bersih-bersih sarang wallet* *udah ga jaman bersih-bersih sarang laba-laba*

Kita mulai dari alasan kenapa saya ngambil topik kayak begini, yah. Jadi, selama ini saya males nulis dan ngeblog itu semenjak dilanda stres yang bikin susah tidur. Kalau sudah susah tidur, bawaannya makin stres karena masalah ini-itu jadi kepikiran. Akibatnya kepala sering pusing, emosi ga stabil, dan daya tahan tubuh menurun. Beberapa orang bisa melepas stresnya dengan menulis. Saya sudah coba, tapi sepertinya masalah ini ga bisa lepas hanya dengan menulis. Jadi pelariannya ke senam, berenang, lari, dan.. ngajar anak kecil :D


Walaupun pada awalnya hanya sebagai pelarian, kegiatan mengajar anak kecil mulai saya nikmati. Sebenarnya kegiatan ini awalnya malah nambah stres, karena anak yang saya tangani agak 'spesial' dibandingkan dengan anak-anak lainnya. Nih ya saya jelasin letak kespesialannya (aduh kata ini beneran ada ga yah. ngarang sih).

Dari dulu saya suka anak kecil, perawakan mereka riang, wajahnya gembira, hatinya tulus, auranya bagus lah pokoknya. Ga kayak orang-orang dewasa yang auranya suram, kebanyakan pikiran, otaknya mulai licik, dll. haha Jadi mengajar anak kecil itu juga bisa jadi sambil menyedot auranya ke orang dewasa yang auranya suram seperti saya ini. hahaha. Tapi anak kecil yang saya tangani "seperti" sudah mengalami sesuatu yang tidak sesuai usianya, jadi mereka "seperti" lebih membutuhkan waktu dan teman untuk bermain dan berbagi cerita daripada membutuhkan seorang guru. Serba "seperti", karena saya bukan psikolog yang bisa ngasih diagnosa ini-itu.

Awal-awal saya ngajar, mereka masih mau mengikuti lesson plan yang sudah saya siapkan. Namun sekitar dua atau tiga minggu setelahnya, terjadi penolakan dari mereka. Mereka sempat membuat berbagai macam keisengan hanya agar saya berhenti mengajar mereka. Tapi untungnya saya masih bisa menangkis semua keisengan mereka dengan jurus hati tiis,hehe Mau apa. lu? Ga mempan hei...kakak bakal terus datang bahkan saat kalian tidur. huahuahuahuaa

Yah, namanya juga anak kecil. Mereka belum kuat menerima tuntutan sekolah dan orang tua agar mereka bisa sepintar Edison di usia sedini mungkin. Yah, namanya juga Indonesia. Sistem pendidikan di sini belum bisa mengarahkan anak sesuai dengan bakat dan tipe pembelajaran mereka. Anak tipe verbal harus bisa calistung. Anak tipe kinetis harus bisa verbal juga. Yang pusing siapa? Anak. Tapi ada yang lebih pusing lagi, yaitu... Gurunya. :))

Walaupun aktivitas yang pada awalnya buat ngilangin stres ini malah nambah stres, saya tetep dateng, tetep ngajar mereka. Kenapa? karena pacar dan teman-teman banyak ngasih masukan. Saya bagikan tips-tips dari mereka, nih. Siapa tahu banyak juga yang mengalami masalah serupa.

1. Anak kecil itu ga bisa diem.
Pernah kesal dengan anak kecil yang lari kesana kemari sementara kita sebagai gurunya capek teriak-teriak nyuruh mereka diam? Namanya juga anak kecil. Mereka baru tahu kalau dengan berlari, mereka jadi lebih cepat sampai. Mereka juga baru tahu kalau berlari membuat badan menghasilkan hormon endorfin yang membuat pikiran rileks. Jadi gimana dong? Usahakan mengajar mereka di tempat yang sempit, misalnya di dalam kamar. Tutup atau kunci pintu kamar agar mereka ga bisa lari sampai keluar kamar. Biarkan mereka lari-lari di dalam kamar sampai bosan. Mereka kan cepat bosan, hehe. setelah mereka berhenti, baru deh ngajak mereka ngikutin lesson plan.

"Capek aah. Dari tadi lari-lari mulu. Ga mau belajar..capee" Nah terus gimana kalau ada anak yang ngeles gini? Jawab saja, "Sekarang kerasa, kan? Di waktu belajar malah kebanyakan lari-lari, jadi sekarang capek kan?". "lain kali di waktu belajar, belajar. di waktu lari, lari". kata-kata itu bisa dipake buat ngajarin mereka disiplin. Mudah-mudahan langsung nurut. eh tapi kalo ngga gimana?

Kalau sudah mentok ga bisa nyuruh mereka ngikutin lesson plan, ajak ngobrol saja. Sambil sesekali lemparkan pertanyaan yang bikin mereka penasaran, tapi masih sesuai dengan materi. Misalnya, "dek, tau ga kenapa kakak bisa ngeliat dedek?", anak kecil gampang dibikin penasaran dan mereka pasti mau mendengarkan cerita kita. Langsung aja deh terangin "karena ada cahaya," atau "karena kita punya mata blablabla." Nah, jadi pertanyaan itu bisa jadi pertanyaan pembuka untuk masuk ke materi Science tentang mata atau cahaya. It worked, kok. Saya selalu pake strategi ini buat ngajar murid-murid saya yang maceuh naudzubillah.

2. Anak kecil punya dunia sendiri
Pasti pusing ya kalau guru dan murid udah rebutan hak bicara. Gurunya lagi ngejelasin materi, muridnya nyela-nyela terus. Ceritanya gaje pula, dari mulai tentang astronot, alien, maling, pocong, kuntilanak, sampe tentang UPIL !!! "kakak, upil aku hari ini gede banget loh. Aku sampe sesak nafas." hadooh..

Jangan emosi, dengerin aja cerita mereka. Jangan distop, mereka bakal kesal dan malah mogok belajar. Dengerin aja, tunjukkan kalo kita antusias dengerin cerita mereka. Ceritanya emang gaje, karena imajinasi mereka masih bagus. Pikiran mereka masih kreatif dan dunia mereka masih berwarna, ga kayak orang dewasa yang pikirannya mulai abu-abu atau monokrom. Tunggu sampai dia berhenti cerita dan lanjut lagi deh belajarnya. Setia mendengarkan cerita anak bisa bikin mereka malah bikin mereka seneng dan nyaman cerita sama kita. Bahkan pernah ada murid saya yang curhat dan cerita pengalaman tabu mereka ke saya. Saya jadi tahu kan penyebab kenapa kelakuan mereka agak 'berbeda'. Ngobrol sama mereka juga bisa ngelatih kemampuan verbal mereka, loh :D

3. Anak kecil suka ngambek ga jelas
Sering banget murid-murid saya kayak gini. Kalau prediksi saya sih bisa jadi mereka lagi capek karena di sekolah habis main bola, habis ulangan, atau banyak tugas. Kasih tau aja kalo sekarang belajarnya santai, ga akan banyak soal, misalnya "Hari ini kita belajarnya ngobrol-ngobrol aja yuk!" Ajak mereka ngobrol-ngobrol santai tentang materi. Anak kecil emang moodnya cepet banget berubah. Syukur-syukur kalo moodnya jadi baik, kita bisa kasih latihan soal. Kalau ngga, yaudah ga usah dipaksa, hehehe. Tapi tetep siih, yang namanya jadi guru itu harus tegas, jangan jadi lemah sama murid walaupun banyak ngalah sama mereka. Intinya sih yang penting materi tersampaikan.

Yaelah saya siapa sih, berasa udah jadi guru profesional gitu ya ngasih-ngasih tips begitu, hehe biarin weh, yang butuh mah sok weh niru tips itu, yang ngga mah yaudah abaikan weh. Simple kan :) Lagian itu tips ga murni dari saya, tapi dari pacar yang sempet jadi mahasiswa pendidikan dan dari teman-teman yang pernah ngalamin hal yang sama. Saya bukan mahasiswa pendidikan, bukan psikolog anak juga. hehe Ngajar anak kecil emang asam-asam manis. Susah-susah gampang. Menantang lah pokoknya :D

Comments

Popular Posts